Perilaku Moral Dan Pendidikan Karakter Pada Keluarga Broken Home Terhadap Kenakalan Remaja Di Wilayah Jakarta Barat

Rudy Budiatmaja

Abstract


Penelitian ini bertujuan melihat seberapa jauh pengaruh perilaku moral dan pendidikan karakter pada keluarga broken home terhadap kenakalan remaja serta memberikan solusi yang terbaik untuk meminimalkan kenakalan remaja untuk generasi berikutnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara singkat dan penelitian ini bersifat kualitatif berupa riset kepustakaan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orangtua termasuk keluarga yang broken home merupakan hal terpenting dalam mengedukasi masalah remaja. Melalui orangtua, remaja diberikan dasar pendidikan perilaku moral yang baik, dan pendidikan karakter untuk usia remaja sangat diperlukan saat ini. Lingkungan juga turut mendukung dalam menjadikan pribadi remaja yang cukup baik. Lingkungan tersebut bisa berasal dari lingkungan tempat tinggal dan lingkungan sekolah. Peran guru di lingkungan sekolah juga sangat penting dalam memberikan pembentukan perilaku moral yang baik dan pendidikan karakter yang berkepribadian yang baik dalam mencegah kenakalan remaja. Dalam penelitian ini bahwa peran orangtua dan guru atas perilaku moral dan pendidikan karakter masih sangat berpengaruh bagi keluarga broken home terhadap kenakalan remaja.

 

This research aims to see how far the influence of moral behaviour and character education in broken home families is on juvenile delinquency and to provide the best solution to minimize juvenile delinquency for the next generation. The method used in this study is a short interview and this research is qualitative in the form of library research using content analysis methods. The results of this study indicate that the role of parents, including families with broken homes, is the most important thing in educating adolescent problems. Through parents, teenagers are given the basis for good moral behaviour education, and character education for teenagers is very much needed at this time. the environment also supports in making teenagers who are quite good. The environment can come from the neighbourhood and the school environment. The role of the teacher in the school environment is also very important in providing the formation of good moral behaviour and character education with a good personality in preventing juvenile delinquency. In this study, the role of parents and teachers on moral behaviour and character education is still very influential for broken home families against juvenile delinquency.


Keywords


Broke Home, Keluarga, Kenakalan Remaja, Pendidikan Karakter, Perilaku Moral.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, N. (2015). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Konsep Diri Anak Usia Sekolah. Malang: Program Studi Magister Universitas Muhammadiyah Malang.

Agustiawati, Isni. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/12418/.

Ali, M., & M. Asrori (2015). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Amin, Saifuddin. (2019). Etika Peserta Didik Menurut Syaikh Muhammad Bin Shalih Al-Utsaimin. Yogyakarta: Deepublish.

Auliya, R. U. (2018). Kenakalan Orangtua Penyebab Kenakalan Remaja. Jurnal Al-Taujih, 4(2), 92-103. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/505/422.

Bertens, K. (2013). Etika (Seri Filsafat Atmajaya). Yogyakarta: Kanisius.

Cahyo, D. E. (2017). Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 14-26. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/6150.

Erlinda. (2017). Data Statistik Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Gunarsa, S. (2017). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Hoskins, Donna H. (2014). Consequences of Parenting on Adolescent Outcomes. Societies, 4(3), 506-531. https://www.mdpi.com/2075-4698/4/3/506.

Novita, Nesi. (2021). Sosial Budaya Dasar dalam Praktik Kesehatan dan Kebidanan. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani. https://www.google.co.id/books/edition/Sosial_Budaya_Dasar_dalam_Praktik_Keseha/SSglEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1.

Papalia, D. E. (2015). Menyelami Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Medika.

Rosyidah, N. (2017). Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Kenakalan Remaja Pada Siswa SMK yayasan Cengkareng Dua Jakarta Barat (Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36741.

Sonia, G. dan N. C. Apsari. (2020). Pola Asuh Yang berbeda-beda dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Jurnal Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 128-135. http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/27453.

Unayah, N dan S. Muslim. (2015). Fenomena Kenakalan Remaja dan Kriminalitas. Sosio Informa, 1(2). https://ejournal.kemensos.go.id/index.php/Sosioinforma/article/view/142/89.

Wahid, Abdul. (2014). Konsep Orang tua Dalam Membangun Kepribadian Anak. Jurnal Paradigma Institut, 1(1). http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/paradigma/article/view/898

Zainiyah, K. (2017). Pendidikan Moral Anak Pada Keluarga Broken Home (Studi Kasus di Desa Pucangrejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal Tahun 2017) (Skripsi, IAIN Salatiga). http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1826/.




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jitpk.v2i2.618
viewed = 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

pISSN: 2722-7553
eISSN: 2722-7561

 Copyright © 2023. All Rights Reserved.